Manusia Setengah Salmon


Minggu, 25 Maret 2012
Dear my blog, dari judul di atas kayaknya udah nggak asing lagi ya?? Yups itu adalah judul salah satu buku karya Raditya Dika, penulis favoritku. Beberapa hari yang lalu aku baru pinjam dari adek kelasku dan alhamdulillah kemarin berhasil aku rampungkan. Seperti biasa ceritanya emang selalu lucu tapi untuk kali ini sepertinya dia nulisnya waktu lagi galau. Kelihatan banget hampir di setiap bab selalu berhubungan dengan masa lalu (baca:mantan pacar) dan keinginan untuk pindah (baca:mencari tambatan hati yang baru). Ya seperti yang udah diketahui, aku orangnya sangat mudah terpengaruh dengan apa yang aku lihat, baca, dengar, lakukan. Jadi aku sekarang juga lagi galau dan mengingat masa lalu. Sekarang aku sadar, dia pergi karena kesalahanku sendiri. Jika aku ingat, dia sudah melakukan segalanya untukku. Dulu dia sangat menyayangiku namun aku tak pernah menyadari itu, mataku tertutup dengan pikiran-pikiran negatif sehingga aku tak mampu melihat semua kebaikannya dan sekarang setelah dia pergi aku baru sadar kalau dia memang baik dan aku sadar jika aku membutuhkannya dan mungkin deep in my heart rasa itu masih ada. Aku merasa sangat bersalah telah menyia-nyiakan dia, penyesalan memang selalu datang di belakang. Beberapa hari yang lalu aku sempat curhat pada teman baikku yang selama ini FB nya aku pakai untuk memantau FB nya mantanku karena memang aku sudah berusaha melupakan mantanku yang sudah akan punya pacar lagi jadi FB nya, nomernya, fotonya, dan semua kenangan tentangnya udah aku hapus, aku nggak ingin jadi pengganggu hidupnya jadi lebih baik jika aku melupakannya. Namun ternyata melupakan itu tidak semudah kelihatannya, terkadang aku masih memikirkannya bahkan merindukannya. Dulu semua masalahku selalu aku ceritakan padanya namun sekarang sudah tidak bisa lagi, dia sudah mempunyai orang lain untuk berbagi. Dulu dia selalu dapat aku andalkan untuk membantuku mengerjakan tugasku, namun sekarang mungkin dia tidak akan mau lagi melakukan itu. Aku telah menyianyiakan ketulusannya padaku dan kini aku baru sadar dan sangat menyesal, namun semua sudah terjadi dan aku sudah kehilangan dia. Besok aku akan bertemu dengannya dan meminta maaf secara langsung padanya, semoga dia mau memaafkanku. Amin...... J
Dan sekarang adalah waktu untuk mengubah sifat-sifatku yang kurang baik tersebut karena aku udah kehilangan beberapa teman baikku karena perbuatanku (baca:sifatku) sendiri. Maka mulai hari ini aku harus bisa lebih care, friendly, ramah, sopan, lembut, tidak pelit, tidak egois, mau berbagi, tidak menangan lagi, tidak menyalahkan orang lain lagi dan yang terpenting aku tidak boleh menyianyiakan ketulusan orang lain dan aku harus mampu untuk menghargai bahkan membalas budi baik mereka. Amin...... J
Penerapan pertama adalah pada seseorang yang sekarang sangat baik padaku, namun kebaikannya sering aku abaikan. Dia sudah mengubahku menjadi lebih baik, dia sudah mengajarkan banyak hal padaku, dia selalu bersedia membantu kesulitanku (baca:mengerjakan tugas sekolahku), dia yang setiap pagi membangunkanku, dan dia mencintaiku. Namun selama ini aku sering mengabaikannya, memarahinya, menyalahkan dia atas kesalahan-kesalahanku, cuek padanya dan aku belum mampu membalas semua kebaikan-kebaikannya padaku. Namun sekarang, aku akan berusaha sedikit demi sedikit untuk berubah. Dia tidak boleh aku sia-siakan lagi seperti “penjagaku” yang sebelumnya karena aku tidak ingin kehilangannya lagi. J
Dan seperti judul di atas, aku harus jadi manusia setengah salmon. Dalam artian berani berpindah untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan mencapai tujuan kita. Seperti salmon yang berani berenang ratusan kilometer hanya untuk bertelur meskipun di perjalanan mereka banyak yang mati karena kelelahan atau dimangsa predator. Namun yang namanya tujuan tidak boleh goyah, salmon mempertaruhkan hidupnya demi keselamatan bayi-bayinya yang akan menetas. Dan aku juga harus berani pindah, dalam artian “pindah hati” karena hati yang aku tempati sebelumnya sudah menjadi milik orang lain maka aku harus pindah ke hati orang yang bersedia menjagaku. Aku tidak bisa terus-terusan mengenang masa lalu karena aku berjalan maju, bukan berjalan mundur. Dan sepertinya aku sudah menemukan orang itu dan aku akan berusaha menjaganya. J
Ya, seperti salmon aku akan berjuang sekuat tenaga untuk menggapai cita-citaku J
SEMANGAT JIWA MUDA !!!!!!!

Comments

Popular Posts